Jumat, 03 Agustus 2012

APA ITU "BYTECODE"


PROGRAM DI DALAM JAVA ADALAH “Bytecode

Dalam sebagian besar bahasa pemograman, sebuah kode program harus dikomplikasi (compile) maupun diterjemahkan (interpret) sehingga dapat dijalankan di dalam sebuah komputer. Software yang digunakan untuk melakukan komplikasi kode program disebut dengan compiler, sedangkan yang digunakan untuk melakukan interpretasi disebut dengan intrepreter. Perbedaan antara compiler dan intrepeter adalah terletak pada proses eksekusi kodenya. Compiler akan menerjemahkan isi kode program secara keseluruhan sedangkan intrepeter akan menerjemahkan dengan cara baris demi baris. Karen aproses eksekusinya dilakukan per baris, maka intrepeter lebih lambat dibandingkan dengan compiler.
Java menerapkan dua proses tersebut. Dengan ini maka Java berperan sebagai compiler dan interpreter. Ada yang bingung? Oke, akan saya lebih perjelas lagi.
Jadi konsep java itu, mula – mula kode program yang ditulis dengan bahasa java ( berekstensi .Java) akan dikomplikasi (oleh compiler) menjadi suatu kode objek. Kode objek iniliah yang disebut bytecode. Jadi hasil akhir dari program java berupa bytecode ( berekstensi .class) bukan file .EXE. nah, selanjutnya bytecode akan dieksekusikan baris demi baris (oleh interpreter). Dengan demikian, proses komplikasi hanya dilakukan sekali, akan tetapi proses interpret akan dilakukan setiap program dieksekusi.
Bytecode dapat dianggap sebagai sekumpulan perintah dalam bahasa mesin untuk sebuah JVM (Java Virtual Machine). Setiap interpreter Java, baik yang berupa develpment tool maupun sebuah web browser, merupakan implementasi dari JVM. Program yang dibuat dengan Java tidak mungkin dapat dijalankan di dalam komputer maupun alat lain yang tidak memiliki JVM.
Dengan adanya konsep bytecode ini, dalam terminologi Java dikenal adanya istilah “ write once, run anywhere ”. Ini berarti bahwa sekali kit amenulis program Java dan melakukan komplikasi terhadapnya, maka bytecode-nya dapat dijalankan di dalam platform manapun selama platform tersebut memiliki JVM.

4 komentar:

  1. iya emangnya bagus skali...makasih ya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Dari sini gua bisa menyimpulkan source code itu adalah bahan,dan compile adalah bahasa terjemahan lewat byte code yang bisa di mengerti oleh JVM

    BalasHapus